Saturday, December 11, 2010

Program Terjemah Al-Quran

Udah 2x pertemuan gw ikut program inih. Keren abis, gw lgs jatoh cinta dari pertemuan pertama. Program terjemah Al-Quran inih diadain sama LPIQ (Lembaga Pendidikan Ilmu Alquran) Nasional yg bekerja sama ma Istiqlal. Sebenarnya program inih juga diadain di mesjid2 lain, n katanya mesjid dkt rumah gw jg mo ngadain. Tapih gw lebih milih ke Istiqlal. Ga ada alesan lain si kecuali GW CINTA BANGET mah nih masjid. Dari semua masjid yg pernah gw datengin, belum ada yg bisa bikin gw ngerasa sedamai klo gw kesana. Sholat di ruang utamanya bikin gw ngerasa kecil. Sejuk tanpa AC, nyaman, tenang, enak bgt deh.

OK back to program terjemah Al Quran. Metode pengajarannya keren gw bilang. Memecah satu kalimat menjadi kata per kata. Jadi kita bisa sekalian belajar bahasa arab juga. Kaya kata Bismillahirrahmanirrahim ituh dipecah berdasarkan kata2nya. Bi = dengan, Ismi = nama, Allah = Allah, Arrahman = Yang Maha Pengasih, Arrahim = Yang Maha Penyayang. Di jelasin juga disini mana kata2 yg jamak dan huruf apa yg menunjukkan ituh adalah jamak. Atau juga dijelasin kata pengganti Kami atau Mereka ituh apah hurupnya.

Pertemuan pertama gw diajarin untuk memenggal kata2 di surat Al Fatihah. Dan tadi masuk ke surat Al Baqarah 1-5. Bener2 menolong banget buat ngapalin surat sekaligus pas baca surat yg lain jd bisa tau, oh inih buat jamak, oh inih artinya inih, oh inih artinya ituh. Keren keren. Ustadz nya juga enak bgt ngajarnya, sabar n jelas. Dia ga cuma ngasih tau arti katanya, tapih sekaligus juga masukin sedikit tafsir menurut berbagai pendapat.

1.5 jam sekali pertemuan untuk 5 bulan untuk dasar 1. Baru dasar 1 ajah udh banyak bgt yg didapet, kebayang org2 yg udah ikut sampe dasar 4. Subhanallah.   Kalo ada orang yg pengen belajar terjemahin Al Quran, gw recommended bgt nih program. Bisa ditanya di Istiqlal kalo mau.

No comments:

Post a Comment