Wednesday, February 16, 2011

Words

Udah lama gw pengen nulis tentang inih. Pas bgt bbrp hari belakangan inih ada ajah kejadian yg bkn gw mikir....betapa besar efek dari kekuatan kata2. Didalam suatu hadist dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah (saw) bersabda “Barang siapa yang beriman kepada Allah, hendaklah ia berkata yang baik atau diam” (Muttafaq ‘Alaihi), di hadist lain disebutkan “Allah memberi rahmat kepada orang yang berkata baik lalu mendapat keuntungan, atau diam lalu mendapatkan keselamatan.” (HR Ibnul Mubarak).

Sekarang kita liat dari sisi psikolog nya. Kata2 ituh mempunyai 3 sifat, ada yg bersifat membangun, ada yg netral,dan ada yg merusak. Ketika kita berbicara dgn seseorang, pelajari dulu seperti apah org ituh. Apakah dia udh deket bgt sama kita, gimana sifatnya, lihat gendernya. Ngomong ma org yg cuek ga akan sama bahasanya ma ngomong ma org yg sensitipan ato yg sopan. Pilihlah kata2 yg netral untuk lebih amannya. Jangan disamaratain kata2 yg kita keluarin utk diberlakukan ke semua org. Sering gw liat, org ketika ngomong, ga peduli apakah lawan bicaranya org yg sensitif, ato ga, kata2nya seolah2 ga di filter. Keluar gitu ajah.

Inih baru dlm tahap ngobrol, belum lg klo marah ato tersinggung. Seolah2 smua yg buruk kluar dari mulutnya. Pernah ga kita mikir, seandainya ituh diucapkan org lain ke diri kita. Sakit hatikah kita ??.  Mungkin ketika kita ucapin kata2 kasar ituh, kita ngerasa lega, tp gmn dgn prasaan org yg mendengarnya. Pernah ga kita memposisikan diri kita di dia ??. Ga heran ada org yg dendam, ada yg nge drop PD nya ato ada org yg sangat termotivasi cm gara2 kata2 yg kita ucapkan.

Belum lama inih gw sempet ngerasa agak tersinggung dgn kata2 dari seseorang yg sangat gw respek. Untung kemarin hari libur, gw bisa mengenyahkan rasa 'gundah' gw ituh dgn ngebut di tol. Gw tau, bukan maksud dia utk bikin gw tersinggung, bahkan gw rasa dia ga tau klo kata2 dia udh bikin gw ngerasa ga enak, ah...mungkin gw yg terlalu sensitif. Gw coba berpikir n berpikir ulang. Apakah gw yg terlalu sensitif ??, seharian gw coba berpikir, dan akhirnya gw ambil kesimpulan. Kata2 dia emg sedikit kasar, n ga akan pernah gw gunain walaupun gw lg marah. Tapi ga akan gw persoalin jg hal inih ke dia, karena mungkin menurut dia kalimatnya biasa ajah. Biasa bagi seseorang mungkin ga biasa bagi orang lain. Ingat.....disituhlah seninya mengenal orang. Kenali karakternya untuk bisa masuk ke orang ituh.

Ada satu kalimat bagus soal inih "Choose the best words to speak as you choose the best fruits to eat". Intinya si, sbelum kita berbicara, coba posisikan diri kita sbg lawan bicara kita n bayangkan kata2 apa yg ga akan melukai hati orang tersebut.

No comments:

Post a Comment