Saturday, April 7, 2012

Aku, Saya, Gue...dan yang Sebangsanya

Menurut gw, bahasa paling gampang ituh adalah bahasa Indonesia. Bukan karena gw orang indo, tapih karena setelah melakukan perbandingan dgn beberapa bahasa lain kaya bahasa Inggris, Belanda, Arab, emang bahasa Indonesia ituh yg paling gampang. Gampangnya di sebelah mana ?

Contoh yang paling gampang adalah, kita ga kenal yg namanya perubahan kata kerja dari sekarang ke bentuk lampau atau ke yg akan datang. Yang......dimanah ituh adalah hal paling menyulitkan buat orang2 indo ketika belajar bahasa lain. 1 Contoh kata menulis.
Inggris : write -> wrote
Belanda : schrijf -> schreef
Arab : yaktubu -> kataba
Indonesia : menulis -> menulis

Mo ituh dari jaman kuda gigit besi sampe jaman besi yang gigit kuda, di indonesia mah, menulis yah menulis. Gampang kan ? :D. Satu lagi kelebihan bahasa Indonesia adalah, tidak mengenal jamak. Mau 1 buku, 2 buku, 3 buku...yah buku, cuma dikasih tau ajah jumlah bukunya dengan bilangan. Coba di bahasa lain
Inggris : book -> books
Belanda : boek -> boeken
Arab : kitab -> kutub

Ituh beberapa kemudahan2 dalam bahasa Indonesia...., yang saking gampangnya, banyak hal2 yg simple, tapih ketika coba di terangkan ke foreigner jadi susah jelasinnya. Sepertih ketika gw ditanya...,'wat moet je zeggen in indonesisch voor 'ik' ? (bhs indo nya 'saya' apah ?). Simple question...difficult to answer.

Kenapah ? karena 'ik' ituh bisa banyak. Ada saya, aku, gw, dirikuh, kita orang, ambo, awak, ana, nama sendiri, eyke. Banyak deh. Terutama di kata...aku, saya dan gw. Artinya sama, fungsinya beda.

Aku...lebih ke (menurut gw) untuk ga gituh formil, mostly dipake sama orang2 jawa / yg tinggal di jawa. Bisa juga dipake klo lagi ngomong sama pasangan kita. Saya dipake untuk yg butuh acara2 formil ato ketemu orang baru yang lebih tua. Waktu ituh gw kenal 1 bule yang manggil dirinya sendiri dengan 'aku'. Sounds weird in my ear. Bukan kenapah2....tapih menurut gw, foreigner ituh lebih cocok pake kata saya.

Sedangkan gw..., nah inih adalah kata eksklusif untuk orang2 jakarta / yg tgl di jakarta :D. Gw dipake untuk non formil banget, dengan yang sepantaran, n biasanya yg udh deket hubungannya kaya ama temen ato ama sodara. Dan jangan pernah bilang menggunakan kata 'gw' ke orang tua...ga sopan !.

Gw pernah punya sodara, asli dari medan, waktu ituh lagi maen ke jakarta. Dia nelp temennya, pas gw lg ga sengaja denger dia dengan gaya 'sok2an' jakarta, ngomong 'gw' tapih pake logat medan. Illfeellllllll banget. Menurut gw, kalo emg ga biasa ngomong 'gw', jangan sok2an deh ikut2n. Coz as i wrote earlier...ituh adalah kata eksklusip orang Jakarta / yang lama tinggal di situh. Yang ada orang2 akan ngetawain jadinya.

Naahh...back to the question i was asked before. What should i answer ? Kalo gw bilang 'saya' then klo dia denger gw ngomong ke temen menggunakan kata 'gw', gimanah jawabnya ?. Masa kudu jelasin sepanjang jalan kenangan si ...hadeehhh *tepok jidat.

Bahasa Indonesia ituh simple....tapi ribet buat orang yg mau belajar bahasa Indonesia :D, karena ga ada patokan yang tepat. Apa yg diajarin di kelas, ga akan dia denger di jalan. Karena yg di ajarin ituh bahasa formil yang 180 derajat bedanya sama yg di jalan. Beda sama bahasa lain yg formilnya ga sampe sgt jauhnya sama non formilnya. Which is why.....Gw cinta Indonesia...karena orang2 nya kreatip bikin bahasa beraneka ragam :).



No comments:

Post a Comment