Sunday, September 11, 2011

Ke Luar Negeri

Hari inih gw baru ajah minta temen gw, seorang co, msh muda n msh single utk berjanji ma gw klo dia hrs bs ke luar negeri, klo bisa jd backpacker. Kenapa gw minta janji ituh ?, banyak alasannya. Gw liat dia mo maju, tp kadang dia ga tau caranya.

Menurut gw, salah satu cara org utk maju adalah keluar negeri dulu. Bukan untuk gaya2an doang, tp untuk ambil pelajaran. Saat kita ke luar negeri, banyak yg bs diliat, karakter orang2 dari negara lain yg jauh beda sangat ma karakter orang indo. Makanannya, joke2nya, budayanya, negaranya, ituh smua bisa ngebuka wawasan kita dan bisa bikin kita lebih bertoleransi dlm menghadapi orang lain. Kita jg jadi lebih kuat, dan lebih open minded.

Apalagi temen gw ituh seorang co, in my mind, seorang co ituh jgn jd katak dlm tempurung. Dia harus berani ambil resiko, dan harus cari pengalaman sebanyak2ny, mumpung masih muda. Walaupun bahasa inggris pas2an, dia harus PD, kalo orang2 korea, arab ajah pada brani keluar negeri sementara kemampuan bahasa inggris mereka jauh dibawah kita, masa sih kita ga brani.

Jangan takut salah grammar, ga dipratiin juga disana, yg penting ituh "I talk, you understand, you talk, i understand"..., that's it. Lo mo pake bahasa tarzan jg gapapah kok, slama mereka ngerti maksud lo. Seiring waktu, lo jg pasti secara otomatis belajar bahasa yg baik kok dan kemampuan bhs inggris lo jg akan meningkat.

Dan saat lo pulang ke tanah air, lo akan rasakan perbedaannya antara lo yg sebelum kesanah dan lo yg udh balik dari sanah. Cara lo melihat dunia jadi berbeda. Perbedaan ituh maksud gw yg harus dicari.

Kalo ajah nyokap ijinin gw lagih, gw pasti udh ambil beasiswa ke sana, tujuan gw si Inggris, secara gw pengen banget ke London bridge. Sayang keadaan ga memungkinkan untuk saat inih, tp satu saat nanti, gw udh janji ma diri gw sendiri, gw akan injekin kaki gw disanah, Insya Allah.

Sekali lagi, ke luar negeri ituh bukan untuk sombong, bukan untuk gaya2an. Kalo cuma untuk ituh mah..., kelaut ajah mendingan !!!.

2 comments:

  1. It really represent the characteristic of most of the Asian males. They are just not brave enough.

    ReplyDelete