Saturday, November 19, 2011

Armina (Arafah - Mina)

Inih dia detik2 kegiatan haji dimulai. Jumat pagi siap2 keluar dari apartemen untuk menuju ke Mina. Sunnah Rasul adalah mabit / bermalam di Mina dulu sebelum besoknya wukuf di Arafah. Sampe Mina siang, kita tinggal di 2 tenda yg di jadiin satu, trus dipisah pake pembatas untuk co ma ce. Isi tenda cuma kasur2 busa yg di taro numpuk satu sama lain, jadi untuk tidurnya yah, main tenggang rasa deh, kadang kena kaki ke kaki, trus belom yg di lewat2n orang. Ada yg klo lg sial, kaki keinjek.

Saat dateng masih blm banyak jemaah dari travel lain yg dateng, jadi kamar mandi masih sepi, ga trlalu ngantri. Makanannya model prasmanan, di ambilin ma yg jaga - orang India. Giliran kita bilang nasinya kebanyakan, minta di kurangin, eh dia nangkepnya nasinya kedikitan...yaaah jd di tambah deh ma dia. Lauknya.... :D, selama 5 hari di Mina, pasti ada kari daging..., kadang sempet bosen bgt si, trutama hari terakir, udh ga gitu semangat makanannya. Alhamdulillah ada pertolongan...., POP MI... :P, klo pop mi udah mulai di bagi2n di tenda, waaaahhhhh... pada rebutan tuh orang2. Kadang ada yg tega si, kan jatahnya 1 org 1, tp dia ambil lebih :(.

Selama di Mina, kita sholat di qashar. Pas hari sabtu nya jam 12 malem gw bangun mo ke kamar mandi....Masya Allah.....ituh gw liat org2 dr travel lain yg udh pd berdatangan ngantri pd mo mandi. Panjaaaanggggg banget antrinya. Akhirnya gw masuk ajah ke kamar mandi yg showernya bocor, gpp deh, basah2 deh baju gw, yg penting ga kebelet pipis lg :D. Ituh antrian mulai berkurang jam 3 pagi karena orang2 udh pada jalan ke Arafah.

Karena semua jemaah haji dari seluruh dunia pd hari ituh pada ke Arafah, jadi pasti jalan kesana macet banget, harusnya rombongan gw pergi kesana jam 7 pagi, tapih apah daya....., bis nya ga dtg2, udh kejebak macet. Udah kawatir gw, karena tinggal rombongan gw doang yg blm jalan sementara udh jam 8 lwt sementara kita harus udh di arafah sebelum dzuhr. Sampe ga yah...., deg2n banget sm berdoa terus. Akirnya dateng jg tuh bis yg ditunggu2 jam setengah 9an gt. Alhamdulillah sampe arafah pas banget, dikit lagi dzuhur kita udah sampe.

Arafah ituh........masya Allah..., panaaaaaasssss banget, gw baru kali ituh ngerasain udara sepanas ituh. Ambil anduk kecil, gw basahin ajah dari aer keran trus gw tempel trus di muka gw. baru tempel, lgs kering aernya, trus tempel lagi., ky gituh trus slama disana. Trakir ituh anduk gw jadiin cadar ajah :D.

Adzan zuhur berkumandang, yg ce2 pd pergi ke tenda co utk sholat berjamaah, di jamak qashar sekalian ma sholat ashar, trus dengerin khutbah arafah, abis ituh makan dan....setelah ituh dimulai lah wukuf kita. Disituh hingga sampe magrib, kita disuruh untuk berdoa..., apapun..., karena waktu ituh adalah waktu paling mustajab untuk berdoa. Allah akan mengabulkan doa2 yg dipanjatkan hambaNya saat di situh. Selama disituh gw nangis, ya Allah bener2 gw ngerasa kecil bgt, dan entah kenapa, walaupun panasnya ga nahan, tapi perasaan damaaaiiiiii nya saat berdoa ga bisa di lukisin pake kata2. Nikmat banget. Klo secara logika bingung jg doa apaan ajah dari jam 12 smp jam 6 yg dipanjatin. Tapih pas disanah, waktu ituh berlalu teramat cepat.

Oia selama di wukuf kita hanya perlu berdoa, ga melakukan sholat sunnah lainnya, klo cape yah baca Quran / zikir, klo cape boleh jg tidur ato ambil makanan, yg ptg usahain kita gunain waktu sebaik2ny, jgn disia2in.

Jam 5 kita siap2 keluar dari arafah, belum magrib tp kita udh di perbatasan Arafah, akirnya nunggu dulu smp magrib, begitu magrib jalan lagi ke bis. Dari Arafah kita ke muzdalifah untuk bermalam disana sekalian cari batu untuk melontar. Tapi karena muzdalifah penuuuh bgt ma orang2, kita ga bisa turun, akirnya sholat magrib ma isha ny di bis deh. Sampe di satu daerah -  masih di muzdalifah - bis nya berenti, kita tidur disituh. Menjelang subuh bangun, cari batu ma siap2 utk sholat subuh berjamaah di padang luas deket bis.

Abis dari situh balik lagi ke Mina untuk siap2 melontar Aqabah abis ashar. Jarak dari tenda ke tempat melempar ituh 1 km klo pergi dan sktr 1.5 - 2 km pas pulang krn hrs muter. Selesai lempar Aqabah, pas pulang yg co2 pd tahalul smp rambutnya licin tandas :D, yg ce cukup potong dikit ajah. Lepas deh ihram kita dan yg co boleh pake baju biasa lagih.

Abis ituh kita istirahat untuk melakukan yang paling beratnya....tawaf ifadah. Jam 12 malem kita di bangunin untuk jalan ke bis, karena bis nya ga bisa masuk ke deket tenda jd dia parkir jauuuuhhh di luar, ada kali sktr 9 km. Kita jalan kaki kesanah, bokap krn ga kuat akirnya sewa kursi roda, 100 real untuk sampe ke ujung terowongan mina. Ituh udh murah banget..Alhamdulillah, krn kt org travelnya, biasanya cm sampe lempar tempat melontar ajah 100 real, inih smp ujung terowongan lbh dr 1 km dpt harga yg sama.

Ternyata bisnya masih jauh lagi dari terowongan, gw ma ortu ituh org terakir yg sampe bis. Ortu udh ga kuat jalan jauh, apalagi bokap, belum lg mereka mst ke WC dulu yg ada di tengah2 jalan. Salut deh ma org travelnya yg udh sabar nungguin n mandu kita. Pas sampe di bis, smua org lgs bilang Alhamdulillah...heheheh.

Abis dr bis kita meluncur ke Mekkah, disana kita siap2 utk tawaf dilanjutin sai -persis wkt umrah wkt ituh- tapi inih kondisinya lebih rameeee lagih. Belum lagi rebutan untuk ambil air zam2nya stlh sholat di maqam Ibrahim. Gw ma ortu baru bisa nyelesain semua rangkaian tawaf ma sai abis subuh. Ituh gw udh takut banget, krn gw udh yakin kita ituh paling terakir juga, dan gw ga tau dimana letak bis nya. Ya Allah, gw berdoa ketemu sm org travelnya klo sai udh selesai. Panik gw, tapi bener2 deh Allah lgs denger doa gw, pas sai puteran ke 7 baru liat org2 travel lg nunggu di ujung situh, pdhl sblm2nya ga liat ada mereka. Capenya bener2 ga nahan, sai ituh menurut gw paling berat krn jalannya yg ada menanjaknya plus rame2nya orang.

Abis selesai sai kita msh harus jalan lagi ke bis yg bisa ada kali 1 km jaraknya. Udah tuh, pegelnya ga bisa dibilang nih kaki ky apah, yg gw takutin cm 1, klo nih bis ga bs smp tenda, brarti kita hrs jalan lg 9 km lg...ooohh :(. Bener kan bis nya ga bisa lg smp tenda.., panik gw, gmn nih ortu gw, msh kuat ato ga. Alhamdulillah nya yg punya travel..pak Djajang, sewa bis yg boleh masuk kesana, 2 bis di charter ma dia. - Inih service lain yg bnr2 bikin gw salut ma travel inih, care banget ! -. Jadi jalan ke tendanya dari bis ituh ga jauh lagi, paling 100 m doang.

Sampe tenda lgs pd tewas orang2..., tdr puleeessss. Subhanallah ituh bener2 deh, bangun tidur lgs ilang pegel2nya nih kaki. Gw pkr gw doang, trnyt jemaah yg lain jg gt, smp pada heran kok bisa yah. Padahal tidurnya kan yg ga bisa ngelonjorin kaki sepenuhnya gituh. Abis ashar kita siap2 lg untuk lempar jumrah, Ula, Wustho, Aqabah. Kalo di total2, mungkin ada kali kita jalan kaki hari ituh 18 km ato bhkn bisa lebih. Dipikir2 pake otak, ga masuk akal jg kita sanggup, apalagi ortu gw.

Setelah ituh si kita santai, selama sisa hari di Mina cuma melontar doang, sisanya yg bebas. Yg ribetnya cm klo pas mo ke kamar mandi. Kayanya ituh jemaah lain seneng banget mandi, bentar2 mandi, jadi ngantrinya yah..bisa setengah jam deh. Kalo kt pak Djajang, 1 kamar mandi bs di antriin smp sktr 90 org...hahahah, ga smp sgt si kyny, cm emg banyak amat, tp yg gw bingung ituh kmr mandi ce doang yg ky gt. Gw ga pernah liat bapak2 antri kamar mandi ky ibu2 antri deh.

Jemaah haji dari travel lain pada ambil nafar awal - keluar dari Mina tgl 12 Dzulhijjah. Ituh boleh, tp katanya klo kita tambah sehari lagih, lebih baik, jd travel gw milih keluar dr Mina tgl 13 dzulhijjah - istilahnya ituh nafar tsani. Pas tgl 12 sore.... :D, udh sepiii, ga ada antri2an kamar mandi, kita mo mandi selama apapun bebasss. Enaaak banget. Ga ada yg gedor2. Dan karena tenda2 banyak yg udh kosong, jd kita pake tenda tetangga utk tempat tdr kita... :D legaa.

Tgl 13 dzulhijjah, kita melempar jumrah yg trakir kali abis zuhr, abis ituh siap2 pulang ke apartemen lagih. Oia selama di Armina, kita cuma boleh bawa koper kecil doang, koper gede di tinggal di apartemen. Pas di apartemen kita tuker pakean kotor kita masuk ke koper gede, yg kecil di masukin lg ke koper kecil untuk di bawa ke Madinah - Jeddah.

Sampe ke apartemen kayanya legaaaa banget, bs tdr sempurna. Tapi ga bisa lama karena malamnya kita harus siap2 tawaf wada - tawaf perpisahan sama ka'bah. Kali inih cuma tawaf doang, tanpa sai. Sampe Masjidil Haram kita sempet kepisah dr rombongan karena nykp mo ke kamar mandi, bokap jg, akirnya gw janjian ma bokap di depan pintu satu Masjidil Haram. Baru abis ituh kita bertiga tawaf. Masya Allah...., kali inih lebiiih penuuh lagih, org udh kaya apaan ga tau deh, basah baju keringetan. Sempet jg bokap lepas dr genggaman gw, Alhamdulillah ketarik lagih. Gw nekat maksa mereka tawaf agak ke tengah, krn puterannya jd lbh kecil, bokap megang pundak gw erat2, nykp gw pegang di tangan gw. Selesai menjelang puteran ke tujuh, kita mulai keluar, dan abis sholat di blakang maqam Ibrahim menuju air zam2.....eh ternyata ketemu banyak ma org rombongan kita yg pd baru selesai juga.. Alhamdulillah ga sangka. Kirain kita terakir lagi.

Akhirnya rame2 deh balik ke bis, ituh yg udh pd selesai duluan ada yg udh smpt belanja2 malah.....*geleng2. Siap dr situh balik lg ke apartemen untuk siap2 ke Madinah jam 10 pagi.

Menurut gw, untuk yg punya kemampuan, lebih baik melaksanakan haji ituh saat muda, karena bener, haji ituh fisik, haji ituh sabar. Bener2 butuh 2 ituh. Kalo udh lbh dr 60 tahun kasian. Klo gw ma ortu ajah yg ikut haji plus tetep harus jalan sejauh ituh, gimana yg ikut haji reguler dimana jarak apartemen dia ma Masjdil Haram ituh paling dkt 2.5 km. Ayo sodara2ku, mulailah menabung dari sekarang, jangan tunggu sampe tua. Sayang !!!

 

No comments:

Post a Comment