Wednesday, March 14, 2012

Narsis di Google (SEO for dummies)

SEO adalah cara lain bagaimana website lo mengenalkan diri ke Google supaya Google suka dan menempatkan lo di posisi yang bagus, jadi ketika ada pengguna google mencari sesuatu yg related dgn site lo, site lo akan muncul di ... yg keren pejwan atawa lebih keren lagi "Pertamax gan !".

Ini hasil pembelajaran gw dgn 'mbah' Anas (bukan si urbaningrum loh yah), master SEO di Jakarta. Ada beberapa cara supaya google kenal dengan kita. Intinya...its all about marketing.

Ada 2 cara, on page & off page. On page ituh technical banget. Satu langkah adalah dengan memastikan site kita ituh lebih banyak menampilkan text daripada image. Walaupun lebih kerenan image, apalagi kalau flash, tapi ituh teramat sangat tidak dianjurkan. Kenapa ? karena kata Anas, Google ituh buta.

Mungkin bisa kita ibaratkan dengan perumpamaan huruf Braille. Orang buta tidak bisa melihat gambar, tapi dia bisa 'membaca' menggunakan huruf Braille dengan indra perasanya. Dengan kata lain...dia meraba untuk membaca.

Google pun seperti itu, ketika dia mencari satu kata yg akan di padu padankan dengan list site yg dia punya, dia akan mencari kata ituh cocoknya dengan website yg manah. Tentunya dengan membaca apa yg ada di site dalam bentuk text, bukan dalam bentuk gambar.

Setelah ituh : pastikan dalam site kita ada meta data & keywords. Inih ada di bagian HTML di bawah <head>. Ituh apaan ? Ginih, sepembelajaran gw kemaren dgn Aulia, 2nd master SEO di GroupM :P, ituh ibarat CV. Biodata, yg klo mis lo mo apply dengan posisi Programmer. CV lo jg hrs related dgn programmer.

Meta data kalau di CV kaya Nama & Posisi yg di apply, sedangkan keywords ibarat pengalaman kerja. Misalnya ginih, klo gw mo narsisin post gw inih yg berjudul : Narsis di Google, di metadata gw akan gw isi dgn nama blog gw & judul post gw.....yg jadi seperti inih : Yanti akana|Narsis di Google. Terus keywords, gw masukin kata narsis (this is only for eg. yaaa).

Naaah si Google akan liat, metadatanya...hmm ada kata2 narsis, trs di meta keywordnya jg, trs liat isi blog nya, ada juga kata narsis, trus itung di post blognya ada berapa banyak kata narsis di google yg diulang2.

Makin banyak kata narsis makin yakin si Google kalo gw emang 'pengeeeeeen banget' narsis di google..hahah. So....perhaps he said...ok, i will make ur wish come true. :P

Selebihnya, gw belum belajar lagih :D. Tapi untuk Off page. Gw udah lumayan ngerti intinya. Yaituh dengan menyebarkan backlink sebanyak2nya.

Backlink ituh apah ?. Ginih, misalnya gw mo ngeblog tentang resep kue donat. Nah kan gw googling2 dong resepnya secara gw ga canggih dalam hal permasakan. Ketemu lah resep buatan si A yg di posting diinet. Jadi nanti di blog gw, gw akan tulis ginih :  Dapet resep ini (kata2 resep ini di link ke URL A) setelah googling2.

Nah URL si A ituh adalah backlink A, yang nantinya Google akan lebih kenal dgn A daripada gw, karena URL dia dipake di site gw, sementara URL gw belum dipake di mana2. Jadi kalau org googling tentang resep donat, kemungkinan URL A muncul ituh lebih besar.

Nah jadi udh kebayang kan gimana caranya kita narsis di Google. Yah ituh tadi, dengan menyebarkan link kita dimana2. Tapi bukan dgn mengisi comment2 di forum2/blog orang. Ituh ga ngaruh banget. Udah di tutup sama Google. Tapi dengan cara yg gw kasih diatas contohnya. Atau bisa juga minta tukeran sama temen, utk review2 blog kita.

Yah gimana lah caranya.....back again, its all about marketing, how to promote urself on Internet.

*NB : Traffic yg banyak masuk ke site kita ituh ga jaminan ranking site kita bagus di google. Tapi kalau rangking kita bagus, ituh bisa mendrive orang masuk ke site kita, karena site kita akan muncul pertama pas orang search, dan ituh bisa bikin traffic ke site kita lebih tinggi.

---thanks to Anas & Aulia...., now i know, jadi bisa lebih narsis deh :)




2 comments: