Monday, March 12, 2012

Setiap Ucapan adalah Doa

Dengerin ceramah AA Gym kemarin. Ada kata2 yang bagus dan bisa jadi untuk mengingatkan kita terus.
Setiap ucapan itu adalah doa. Jadi berhati2lah dalam berkata2. Walaupun itu bersifat keluhan, karena bisa saja ucapan itu di ijabah oleh Allah swt

yang dicontohin aa Gym kemarin seperti keluhan, aduh badan cape kaya mau rontok, aduh inih badan dasar udah tua...apa2 cepet cape. Lucu si yg dicontohin, tapi kalau dipikir lagi, bener banget. Soalnya pernah ketemu sama 1 orang yang selalu mengeluh tentang kesehatannya. Dan apa yang dikeluhkan / di takutkan memang pada kemudian hari jadi kenyataan.

Kalau dalam psikolog umum, ada ungkapan 'the power of mind' alias kekuatan berpikir. Ketika kita berpikir positip kalau kita akan berhasil ketika kita punya 1 keinginan, dan suka menyebutkan keras2 apa keinginan ituh, berarti kita udah setengah jalan dalam kesuksesan. Secara logika adalah, ketika kita mengucapkan keras2, ituh berarti kita menanamkan motivasi dalam alam bawah sadar kita bahwa kita bisa dapat cita2 kita ituh. Kalau dalam agama...yah balik lagi ke doa. Mungkin dengan kita mengucapkan berulang2, malaikat pun ikut meng-aamiin-kan.

Hal yang sama berlaku juga untuk pikiran / ucapan2 yang bernada negatif. Ketika misalnya ada satu benjolan dalam tubuh kita. Jangan langsung berpikir ituh tumor, bahkan, jangan pula sampai menyuarakannya. Karena itu akan masuk ke dalam alam bawah sadar kita, seolah2 kita mau dan yakin kalau itu tumor.

Jadi...mari pilah pilih kata. Jangan sampai hal2 yang ingin kita hindari malah terjadi sama kita hanya karena ucapan kita yang tidak kita sadari.
 Bila kamu mohon sesuatu kepada Allah 'Azza wajalla maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa do'amu akan terkabul(HR. Ahmad)

No comments:

Post a Comment