Monday, November 1, 2010

Agatha Christie

Sejak kecil gw emang udah doyan baca, trutama buku2 yg berbau2 suspense gituh. Dimulai dari lima skawan jaman gw SD, trus trio detektip pas gw SMP. SMA yg lbh keren dikit...Marry Higgins Clark. Kuliah gw baru kenalan ma 'The Queen of suspense', the one and only -Agatha Christie-.

Ga ada deh yg bisa ngalain ni ratu. Hebat cerita2nya, banyak sisi psikologis nya, bahkan gw lbh suka poirot drpd sherlock holmes. Perbandingannya si sama kaya Connan sama Kindaichi :D, walo banyak yg suka connan, gw tetep blg kindaichi paling te-o-pe deh.

Back to buku2 Agatha, gw ga tau udh brp banyak buku2nya yg gw baca, tapi dari smuanya, ada 2 yg paling keren banget menurut gw. Menuju titik nol (Towards Zero Point) sama Tirai (Curtain). Alesannya : penjahatnya top markotop !!!

Gw suka cerita yg penjahatnya ituh bener2 unik, yg psycho nya tuh unthinkable deh...:D, im not saying im a killer nor a psycho..duuuuh jangan sampe deh, liat ayam dipotong ajah gw bisa mimpi buruk, tapi gw akan kasih tau knapa penjahat di 2 buku ituh 4 thumbs up buat gw.

Dimana2 kisah pembunuhan ituh biasanya puncak sebuah kasus, ada org kebunuh trus ketangkep, end of story. Tapi di menuju titik nol ga, si penjahat tuh ngebunuh org2 sbg bagian dari rencana dia utk ngebunuh musuh utamanya..which is ex wife nya dia. Pertama dia ngebunuh bibinya yg udh baik bgt ma dia, terus bikin smua bukti mengarah ke dia. Supaya dia jd tersangka utama, tp buktinya di buat sejelas tp selemah mungkin yg bs bikin polisi mikir, ga mungkin dia orgnya. Terus dia kasih bukti2 lagi yang endingnya mengarah ke ex wife inih. Hebatnya, dia trus2an blg, klo ga mungkin ex wife nya pembunuh, dia slalu bilang kebaikan2 si mantan, padahal tujuan utamanya adalah liat si mantan digantung ma polisi.

Ada lagi, waktu si penjahat inih kecil, dia pernah bunuh temennya. Caranya ? simple bgt. Mereka main tembak2n pk senjata beneran, dan dia lepas dr hukuman karena disangka kecelakaan, peluru nyasar. Padahal bbrp hari sebelumnya, ada petani yg liat dia latihan nembak. Sadis kan....

Untuk yg curtain lebih keren lagi. Penjahatnya ga ngotorin tangannya sendiri utk ngebunuh orang. Dia bnr2 pake trik psikolog. Caranya ? dengan agak2 sdkt menghasut, tapi caranya smooth bgt. Sampe si poirot harus turun tangan ngebunuh nih org, karena ga ada bukti yg bisa ngeberatin penjahat inih. Oh iyah FYI, curtain inih juga jadi buku trakir nya Poirot. Dibuku inih juga dia meninggal.

Buat para pecinta buku suspense, nih 2 buku wajib dibaca deh. Pengarang suspense lain yg bagus sapah yah.....hmmm Shidney Sheldon ??, tapi buku2nya dia skarang lebih ke arah konspirasi politik sih. Keren juga.

 

No comments:

Post a Comment