Wednesday, November 3, 2010

Jilbab Traveller

'Berjilbab ga berarti kamu ga bisa keliling dunia !'. Yep kata2 ituh yg bkn gw langsung beli nih buku pas pertama kali liat. Gw setujuh banget2. Liat dalam Quran, betapa banyak Allah menyuruh kita untuk berjalan di muka bumi. Lagian lo emang sharusnya ga bole stuck di satu tempat. Jangan jadi katak dalam tempurung. Liatlah keluar, the world is too beautiful to be ignored.

Ga punya uang ?, ituh makanya ada istilah backpacker. Inih impian terbesar gw saat inih. Jadi backpacker dan bisa jalan2 dengan budget minimum. Impian gw inih dimulai saat gw baca 'traveler's tale' nya Adhitya Mulya dkk. It really flew my imaginations. How i wish, and wish and wish to be able to visit the countries mentioned on that book.

OK sebelum ituh semua dimulai, ga ada salahnya kan kalo gw mulai baca2 buku tentang travelling. Tapi kebanyakan nih, buku travelling ga ada yg ditulis sama jilbaber, rata2 co, makanya buku 'jilbab traveller' inih menarik banget.

Ditulis sama Asma Nadia dkk, buku ini ga cuma ngasih tau pengalaman2 para pengarangnya saat travelling baik sendiri ato bareng suami2 mereka, tapi juga dikasih tips2 untuk para jilbaber supaya perjalanan mereka masih dalam koridor islami, kaya gimana caranya sholat kalo lagi jalan2 di negara minoritas muslim, ato cari makanan halal gimana, ato berapa banyak si baju dan jilbab apa ajah yg msti dibawa untuk lets say perjalanan seminggu. Plus beberapa kata2 penting yg bisa dipake dalam bahasa asing.

Ada cerita gimana pengalaman salah satu pengarangnya saat pertama kali ke Belanda. Jadi inget pengalaman gw juga hahaha, pertama kali mendarat di Schipol gw disambut polisi belanda yg super size me, botak, jalan petantang petenteng bawa pentungan. Aje gile, serasa hobbit di tengah2 para peri. Jiper ajah !!. Pas di bagian imigrasi, petugasnya beberapa kali liatin gw, suruh gw lepas kaca mata, liat nama gw yg cuma 1 kata (pelajaran no 1 : jangan pernah kasih nama anak cuman 1 kata, nyusain doang kalo dia mo jalan2 ke LN !!!) ...ada kali 5 menit, ditanya2 tujuan dateng apah and so on and so off. Alhamdulillah akirnya ...setelah panjang x lebar and liat muka gw yg udah rada panik, bersedia juga doi kasih stempel ke passport gw. Ceklok...

Udahannya baru gw mikir, gila ni airport dingin banget (pelajaran no 2 : rasa panik ternyata bisa ngalain rasa dingin, jadi kalo di kantor lo kedinginan, rusakin ajah printer deket meja lo trus masuk  ke ruangan big bos buat ngaku, biar dapet paniknya), ac nya ga bisa dikecilin apah, ternyata oh ternyata, ituh udah pake pemanas hahaha, norax, di luar ternyata lebih dingin lagi.

Yang sama nya juga lagi, pas pengarang inih bilang dia kaget liat banyak jilbaber di belanda, gw juga kaget. Ternyata yg gw pikir gw bakal jadi alien ga terbukti, hiks padahal udah siap2 ajah mo bilang 'Greetings earth...bip bip bip bip...i come with peace'.. ah...penonton kecewa :(

Ngomong2 soal alien, Asma Nadia nulis pengalamannya saat jadi alien beneran di negara ginseng. Yep di Korea kata Asma ituh ce nya cantik2, kurus, tinggi, putih dengan baju modis2 n melek teknologi. Kebayang kan yg orang melayu dateng kesana, pake jilbab, ketutup, pendek, coklat, oke lah ga gemuk tapi kecil. hahhaa lucu. Tapi mereka respect kok, ga ada yg macem2, paling2 cuma nanya, apa ga panas pake ketutup kaya gitu :)

Ada juga pengalaman2 mereka di negara lain kaya di HK, USA, Turki, Cina, Iran, Syria and many more. Buku setebel 308 halaman inih bener2 ga ngebosenin deh buat dibaca saat kejebak macet. Tulisan2nya mengalir alami. Seolah2 mereka yg cerita sendiri di depan lo. Recommended deh.

So girls...before you pack ur bags, ga ada salahnya baca ini dulu, akan lebih apdol lg kalo di combine jg sama 'The Naked Traveller' nya Trinity (inih si buku wajib para backpacker heheh).

Now are you ready to fly ?????

 

 

No comments:

Post a Comment