Thursday, November 25, 2010

Mesir

-sambil dengerin lagu summer time nya NKOTB, bnr2 bikin semangat nih lagu !!-

Mesir....ah apah yg bisa gw bilang dari negara inih kecuali amazing. Mulai tertarik utk dateng kesinih sejak baca buku Ayat2 cinta. Untuk orang yg tertarik dgn sejarah bangsa2 kuno jaman Nabi2, negara inih gudangnya deh. For at least once in ur life, you should visit this country. Gw berharap bisa dtg lagi ke Mesir. Masih banyak tempat yg mo gw kunjungin.

Ampir 2 minggu disanah, pertama2 gw ke Kairo nya dulu. Sampe di bandaranya hehehe, baru kali inih gw bangga ma bandara Sukarno Hatta. Cupu abis nih bandara. Udah gitu sempet ketahan lagi ada kali 15 menit gara2 gw orang Indo, begh dipikir gw TKW kali. Penjahat !!!. Selama nunggu ituh gw peratiin ada yg sama dari smua orang imigrasinya...which is ....kumis !!. Yep ampir smua org berseragam disanah ituh pake kumis. Kayanya pas di interview ada pertanyaan ituh deh...bersedia memelihara kumis ?? kalo ga lgs dicoret deh :P.

Di Cairo ...hmm kesan pertama si suram yg gw rasain, karena bangunannya tuh ga ada yg ber cat. Banyak debu. Mobil2nya juga mobil2 jaman Alm Benyamin dulu. Taxi nya ada yg kaca depannya bolong, ada yg ga  pake spion, tapih tetep narik tuh hehehe. Hebat lah. Tapih banyak tempat menarik disinih. Mulai dari Kota tua yg ada 2 mesjid segede2 gaban berdekatan, trus ada Al Azhar, Masjid Husain (konon kabarnya di mesjid inih ada kepala Imam Husain, jadih pas gw kesana banyak bgt orang2 shiah yg nangis2. Penuh banget tapih penuhnya bukan di bagian tempat sholat, melainkan di bagian tengah yg ada tempat kepalanya ituh. Ga akan bisa liat juga si kepalanya, secara udah di tutup pake kain gituh). Ga jauh dari Masjid Husain ada pasar Khan El Khalili. Inih ibarat pasar abangnya Mesir deh. Mulai dari perlengkapan buat nari perut, topi cleopatra, baju2, sampe pernak pernik ada semua. Sempet mo beli gamis disinih, tapi ga ada ukurannya hahaha, terpaksa nyari di bagian anak2 deh...damn arab !!!,  makan apaan bisa jd segede2 gituh ???.

Besoknya gw pergi ke Piramid ma Sphinx. Inih nih yg bkin gw mo kesanah lagih, ga sempet masuk ke dlm piramid nya hiks hiks hiks. Menakjubkan sih gw blg piramid ituh karena sbnrnya ituh cuma susunan batu2 doang tapih ga pake lem2an. Cuma batu2 yg disusun sedemikian rupa. Canggih !!!.

(secara yg photo dkt Sphink gede ituh lagih jelek gw nya, jd yg gw masukin yg anaknya sphink ajah deh :P).  Abis ituh gw diajak masuk ke Museum Cairo. Nah inih nih, museum tempat naro barang2 berharga, mulai dari peti matinya raja2, harta benda raja2 jaman dulu, patung2, dinding2 yg penuh dgn Hieroglyphs sampe para Mumi. Tapih utk masuk liat mummy2 ituh mst bayar lagih, lumayan sih 100 Egypt Pound klo ga salah, tp worth it lah. Disinih ga boleh moto karena blitz ktnya bisa ngerusak mummy. Kesampean juga akirnya gw liat ituh yg namanya firaun (ktnya si Ramses II) dr jarak deket. Ternyata cuma segitu doang yah orang yg ngaku2 jd Tuhan. Walopun kuilnya segede2 gaban, patung2nya dimana2, jejak kekayaannya jelas keliatan tapih endingnya mati, diliatin orang2, di hina orang2. Percuma jd orang yg tajir trus belagu sombong. Tapih jangan salah, orang Mesir kuno ituh ga cuma ngawetin orang doang, hewan2 yg dianggap dewa juga di awetin ma mereka kaya buaya Nil inih contohnya.

Ga lama di Cairo gw pergi ke Aswan naik kereta malem2. Disini keretanya ada tempat tidurnya, lumayan nyaman si, tidur di kereta serasa tidur di ayunan... :D, menyenangkan. Aswan nih...bersih, cantik, ga sumpek, teratur. Enak deh buat jd tempat tinggal. Rumah2nya juga pada di cat, walopun satu warna doang berdasarkan instruksi pemerintahnya. Warna kuning. Disini gw ke kuil yg ada di tengah2 sungai Nil. Cantik asli cantik banget kuilnya.

Abis ituh gw pergi ke semacam KRB nya mesir deh. Bermacam2 jenis pohon dari seluruh dunia ada disinih. Jadi tempat penelitian juga sih inih. Sempet istirahat n makan siang, enak banget ditemanin sepoy2 angin trus pemandangannya sungai Nil yg indah banget. Abis makan siang gw naik perahu tradisional mesir. Uniknya perahu inih, bener2 ngandelin angin, ga ada motor ato dayung.

Selesai dari jalan2 ituh skitar sore menjelang malam, gw di anter ke kapal pesiar buat pergi ke Luxor. Menyenangkan bermalam di kapal hehehe, banyak bgt bule Jermannya. Liat orang2 mesir gembalain ternaknya dari kejauan, trs sering papasan ma kapal2 yg lain....indah.

Akirnya sampelah gw di luxor. Ah kota inih bner2 deh kota favorit gw. Disebut juga sebagai The biggest open air museum in the world saking banyaknya n gede2nya kuil2 disinih. Its so amazing. Liat kuil2 dgn tulisan2 Hieroglyphs nya yg masih jelas keliatan. Ibaratnya inih buku cerita. Menceritakan sejarah mesir waktu ituh, gimana hubungan mereka dengan dewa2 mereka. Gimana penjadwalan musim panen mereka. Semua ketulis di dinding kuil.

Keluar sedikit dari luxor ada makam raja2. Inih makam canggih banget karena berada jauh di bawah perut bukit. Kebayang kan mereka niat bgt gali tuh bukit buat jadi kuburan, trus supaya menghindari pencuri harta, mereka bikin racun gituh yg klo ada org di dalam kuburan ituh utk bbrp waktu akan mati, plus jebakan2. Kalo ada yg pernah baca, arkeolog2 Inggris yg menemukan makan King Tut ituh pada mati misterius, some say ituh kutukan King Tut,  tapih penjelasan ilmiahnya karena ituh. Walopun udh berusia ribuan taun tapih, karena tertutup racunnya masih ada walo ga skuat dulu. Jadi mereka yg terlalu lama berada di dalam kuburan untuk gali n angkat kotak matinya keluar jd sering menghisapnya dan yah gituh deh endingnya mati. Didalam kuburan ituh sumpek karena oksigennya dikit. Iyalah karena dlm perut bukit. Udah gituh ketika mo masuk ituh dinding2nya penuh dgn lukisan. Inih sih konon katanya supaya nanti raja2nya pas ditanya di hari pengadilan bisa jawab dgn baca tulisan yg di lukis ituh. Oh iyah di kuburan raja juga dimasukin semua kekayaan raja trmasuk sendal juga, plus patung2 pelayannya yg menurut mereka akan melayani raja nanti di alam sanah.

Besok paginya gw pergi ke Abu Simbel buat liat kuil si Ramses II inih. Nah di kuil inih dia menyatakan dirinya tuhan karena di dalemnya ituh ada 3 patung dewa, salah satunya yah patung dia. Ga jauh dr kuil inih ada kuil yg dibangun untuk istri tercintanya. Perjalanan ke Abu Simbel inih dikawal ma polisi dan bareng2 karena mesti lewatin gurun, sering ada penyamun katanyah. Ada juga batu catetan pernikahan antara Ramses II ma istrinya. Kebayang ga lo....saat ada pendeta ato wali nikahin lo, ada yg sibuk ngukir dibatu :). "Saya terima...", yg tukang ngukir lg "tuk tuk tuk...tuk tuk tuk....sibuk sndiri".

Puas dari Abu Simbel n balik lagi ke Luxor, gw pergi ke Catharina. Perjalana ke Catharina lewatin gurun2 gituh. Panas banget. Gw jadi bayangin ginih lah waktu Nabi Musa (as) bawa bangsa Israel lari dari kejaran Firaun. Jalan kaki...panas....aus. Di Catharina inih ada gunung sinai, trus tempat patung sapi yg disebutin dlm Alquran, dan ada juga monoster tempat pendeta2 kristen tinggal. Buat naik ke gunung sinainya gw pergi jam 3 pagi :D naik onta. Onta tuh subhanallah hebat, bisa ajah jalan malem2 sambil ngunyah. Sampe di pemberentian terakir, gw msh harus naik tanggal yg banyak buat ke atas. Dan disituh lah, puncak gunung sinai. Tempat Nabi Musa (as) menerima taurat. Ada Masjid disituh, ada juga Gereja. Jadi pas azan shubuh, yg muslim pada sholat, yg kristen pada berdoa cara mereka juga, ada juga yahudi..sama juga, berdoa ala mereka. Nikmatin matahari terbit....Subhanallah indah banget.

Masih ada si tempat di Mesir yg belum sempet gw kunjungin kaya Al Fayyum yg ada danau yg katanya dipercaya sbg tempat tenggelamnya Qarun dan hartanya yg kalo di Quran di gambarin, kunci2 nya ajah berat dipikul beberapa orang. Kebayang berapa banyak hartanya. Now you see from where the words Harta Qarun comes from right :P. Belajar diving dulu kali yah sbelum kesanah :P, klo beruntung sapah tau nemu hartanya :D. (http://umisulaiman.blogspot.com/2008/01/danau-qorun.html)

Tips :

• klo mo murah, mending pake travel sanah ajah, jadi dari sinih cuma bayar pesawat doang

• Biasanya travel2 ituh akan bawa kita ke tempat2 yg ga penting kaya toko parfum ato baju ato karpet dgn harapan kita beli. Makin banyak kita beli makin banyak bonus yg dia dapet dr si penjual toko. Tapih klo mo ga beli jg gpp sih, hak kita juga. Paling aga2 di cemberutin ma guide nya :P, cuek ajah lah.

• Makanan disini lumayan enak, mirip kaya Indonesia yg bahan utamanya ituh nasi. Ga kaya negara arab lainnya yg pokoknya roti. Tapih yah ituh mereka kaya akan rempah. Dan sama ky negara arab lain, kue2 mereka ituh manis2 banget. Yah dinikmatin ajah si :).

• Kalo ikut travel pasti akan ditawarin nonton belly dance. Tergantung iman deh sekarang hahahaha.....soalnya banyakan bule yg nonton n banyak bir2 bertebaran. Dulu gw milih tidur drpd nonton inih. Tapih pengen juga si belajarnya. Menarik sepertinya.

Makin percaya gw sama quote Ibnu Batutah : Travellers, it leaves you speechless then turns you into a story teller. Okeh next visit...it should be Hajj then Jordan....!!!!! Petra...wait for me...