Saturday, November 13, 2010

Housewife - Just a thought

Stiap pagi hari kerja gw denger ponakan gw nangis nyariin ibunya yg udh berangkat kerja. Inih bikin gw mikir, -IMHO- kalo seorang wanita terutama yg udh punya anak, sebaiknya berenti ajah kerja. Jadi IRT ituh bukan satu pekerjaan yg mudah dan yg mandang remeh seorang IRT ituh gw bilang norak bgt. If only they knew, di luar negeri justru lebih banyak org yg mutusin untuk total jadi IRT.

Banyak keuntungan jadi IRT daripada tetep kekeh untuk kerja. Satu yg utama bisa lebih fokus urus rumah tangga terutama anak. Kalo kita tetep kerja, otomatis anak akan diasuh oleh 2 pihak. Kalo ga punya pengasuh, si anak biasanya dititipin ke kakek neneknya. Inih nih yg bikin gw ga setujuh bgt (again this is only IMHO). Orang tua kita udah cukuplah ngurus n besarin kita, masa mereka harus ngurus cucunya juga. Kejam si gw bilang. Mereka harusnya kita kasih kesempatan buat nikmatin masa tuanya. Bermain - note : bermain dan mengurus adalah 2 hal yg sangat berbeda ! - sama cucunya, jalan2, ikut2 kegiatan agama, berkebun, let them doing their forgotten hobbies and have fun. Jangan susahin mereka lagi buat jagain anak kita. Anak kita yang tanggung jawab kita, bukan orang tua kita.

Ituh kasus kalo ga ada pengasuh, kalo ada, inih juga akan timbul masalah. Case 1, seandainya pengasuh nya baik, masa si kita rela anak kita lebih deket ma pengasuh daripada ma ibunya sendiri. Lagian pengeluaran akan jadi lebih besar. Biaya pengasuh ituh kan ga sedikit. Biaya makannya, listrik, jalan2 semuanya akan jadi dobel. Belum lagi kita akan melewatkan banyak moment2 penting dan menarik yg cuma bisa disaksikan oleh pengasuh anak kita karena kita ga ada saat ituh, sibuk di kantor. Kaya gimana senengnya dia saat bisa masukin bola ke keranjang, ato takut saat ada petir, ato teriak2 saat ujan turun. Yang ada kita cuma bisa denger doang dari pengasuh kita, ga nyaksiin langsung.

Belum lagi klo mis anak kita sakit. Pengasuh tlp kita kalo anak kita demam. Kita minta ijin dulu ke bos minta pulang cepet, kalo ga boleh, kita paling bilang kasih obat demam dulu sambil nunggu kita sampe rumah. Kalo boleh, kita buru2 pulang, manggil taksi, bingung, panik dan disaat yg bersamaan anak kita udah nangis manggil2 nama kita. Kalo dokter bilang anak kita hrs bed rest, n kita ga punya jatah cuti lagi, yg ada kerja kita ga tenang. Setiap saat nlp anak terus.
Ga kebayang kalo ituh kejadian di gw. Kalo gw punya anak nanti, gw mau ada di stiap kehidupan dia, nyaksiin apa yg dia perbuat, jadi bagian dia. Gw mau gw yg cerita ke orang2 gimana tingkah laku anak gw, ga mau cuma jadi pendengar. Gw mau jd yang pertama kali yg panik, pertama kali yg ketawa, org yg selalu ada di sampingnya saat dia sakit ato sehat...Insya Allah.

Case 2, kalo pas sial dapet pengasuh yang nakal. Betapa seringnya kita denger anak2 yg dikasih obat tidur ato dipukul, diancem, diculik dll. Okehlah ituh mungkin yg paling ekstrim. Yang ga, mungkin disaat kita kerja, ituh pengasuh sibuk main telepon ato pacaran, anak2 kita jd terlupakan. Kalo anak kita nangis, di marahin, di bentak2. Kebayang ga perkembangan jiwa anak kita gimana nanti. Jadi penakut, penyedih.....argh menyeramkan.

Mungkin ada yg bilang, kalo pengasuh jgn ditinggalin gt ajah ma anak kita, tetep hrs ada yg ngawas. Siapa ?? ujung2nya orang tua kita juga. Again .... inih akan kembali ke penjelasan gw soal pihak pertama. Mungkin ada yg bilang, loh orang tua kita kn ga ngurusin, cuma ngawasin pengasuh doang. Tapi pernah ga kita mikir, kalo mungkin mereka punya acara sendiri dan mereka harus ngorbanin ituh demi cucu mereka. Siapa si yg bisa nolak untuk cucunya sendiri. Semua kembali ke kita, apa kita se egois ituh kah ?.

Gw ga mo nge-judge ibu2 yg tetep mutusin untuk terus bekerja di kantor. Mereka pasti punya alesan sendiri. Gw cuma mo nulisin apa yg ada di otak gw n bilang....hey jadi IRT ituh cool !!!!!

No comments:

Post a Comment