Monday, November 15, 2010

Label

Apa gw Muhammadiyah, ato NU, ato salafy, ato wahabi ??. Well, Im not one of them. Gw ga mo me-label-kan diri gw ke 1 organisasi agama tertentu. Gw cuma orang yg berusaha menghindari bid'ah dan jalanin islam di atas sunnah Rasul. Gw juga bukan org yg mau taqlid gitu ajah ke 1 imam / ustadz kecuali ke Rasulullah (saw). Ituh sangat2 dilarang oleh islam karena setiap perkataan dan perbuatan kita akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat nanti. Jadi satu saat gw akan sama ma Muhammadiyah, lain waktu beda, mungkin sama dengan salafy, lain waktu beda lagi. Yg jelas si, gw cenderung berbeda ma NU :D, bukan apah2 si, lebih banyak bedanya soalnya dari keyakinan gw.

Sama kejadian kaya sholat ied adha sekarang. Karena Muhammadiyah sholatnya hr selasa, yg barengan ma Saudi - some people said im Muhammadiyah. Ga gitu sebenernya. Gw cuma ikutin keyakinan gw doang. Kalopun dibalik, Muhammadiya ituh hari rabu eid adhanya, NU yg hari selasa, yah gw akan ikut NU karena Ied Adha ituh menurut gw harus berpatokan ma Saudi. Inih berdasarkan hadist :
Hari Raya Idul Fitri kalian adalah hari ketika kalian berbuka (usai puasa Ramadhan), dan Hari Raya Idul Adha kalian adalah hari ketika kalian menyembelih kurban, sedangkan Hari Arafah adalah hari ketika kalian (jamaah haji) berkumpul di Arafah. (HR as-Syafii dari ‘Aisyah, dalam al-Umm, juz I, hal. 230).

juga hadist inih :
“Bahwa hari Arafah (yaitu tanggal 9 Dzulhijjah) itu adalah hari yang telah ditetapkan oleh Imam (Khalifah), dan hari berkorban itu adalah masa Imam (Khalifah) menyembelih kurban.” (HR. Thabrani dalam kitab al-Ausath, dengan sanad hasan).

Hari arafah adalah hari yg udh ditetepin ma Imam, disini adalah Imam Makkah karena arafah ituh kan waktu pelaksanaan wukuf dan wukuf ituh adalah puncak haji. Ituh patokannya.

Ada yg bilang, kita harus liat hilal dulu  berdasarkan hadist inih :
“Dari Muhammad bin Abi Harmalah dari Kuraib, bahwa Ummul Fadl binti al-Harits mengutus Kuraib menemui Mu’awiyah di Syam. Kuraib berkata: Aku tiba di Syam. Lalu aku tunaikan keperluan Ummul fadl. Dan terlihatlah hilal bulan Ramadlan olehku, sedang aku masih berada di Syam. Aku melihat hilal pada malam Jum’at. Kemudian aku tiba di Madinah di akhir bulan Ramadlan. Abdullah bin Abbas bertanya kepadaku, dan ia menyebut hilal. Ia berkata: “Kapan kamu melihat hilal?” Aku berkata: “Malam Jum’at.” Dia bertanya: “Apakah kamu sendiri melihatnya?” Aku menjawab: “Ya, dan orang-orang juga melihatnya. Mereka berpuasa, demikian juga Mu’awiyah.” Dia berkata: “Tetapi kami melihat hilal pada malam Sabtu, maka kami tetap berpuasa sehingga kami sempurnakan 30 hari atau kami melihat hilal”. Aku bertanya: “Apakah kamu tidak cukup mengikuti rukyah Mu’awiyah dan puasanya?” Lalu dia menjawab: “Tidak, demikianlah Rasulullah SAW menyuruh kami,” (HR. Muslim)

IMHO, kasus ituh berlaku untuk Idul Fitri, klo eid adha si harusnya sama karena patokannya yah wukuf di arafah. Kenapah ? karena disunnahkan untuk berpuasa bagi org yg tidak naik haji ketika orang2 yg sedang haji melaksanakan wukuf. Wukuf tgl 9 dzulhijjah. Ketika penguasa Mekkah bilang, hari senen wukufnya, yah hari senen di sluruh dunia harusnya umat muslim melaksanakan puasa sunnah. Eid Adha ituh 10 dzulhijjah, jadi yah hrsnya serempak jugalah seluruh dunia ngelaksanain sholat Eid Adha.

Ada lagi yg ambil amannya. Ga puasa hari selasa karena yakin hari ituh 10 dzulhijjah, tapi sholat eidnya hari rabu. Some says kan sholat eid adha ituh sunnah jd gapapa lah dipindahin. Aneh sih gw bilang, ketika lo udh yakin hari selasa ituh 10 dzulhijjah, yah hr ituh lah sholatnya. Rasul ga pernah sholat eid adha tgl 11 dzulhijjah. So make up ur mind. Yang boleh ituh motong kurbannya karena kita dikasih waktu 3 hari untuk motong, ituh yg namanya hari tasyrik - 11, 12, 13 dzulhijjah-, makanya juga kita haram puasa di hari ituh. Supaya klo ada yg masih motong, kita juga masih bisa kebagian dagingnya. Tapi sholat eid adha yah tetep 10 dzulhijjah.

Again....inih cuma pemikiran dan keyakinan gw. You may not agree with this. It doesnt matter. Just follow what you believe in as long as you dont follow it blindly... :)

link pendukung : http://halaqah.net/v10/index.php?topic=13275.0

2 comments:

  1. Begitulah hidup di Indonesia yang penuh dengan kemajemukan... tapi gue ga bisa nyalahin siapapun juga sih... kalo gue lebih ke kondisi aja... kalo emang daerah gue solatnya selasa yaa gue solat selasa... kalo daerah gue solatnya rabu ya gue solat rabu.. dan emang di daerah gue rabu.. apakah gue harus memaksakan diri untuk solat di daerah yang solatnya selasa...
    yah gue yakin yang penting niat kita tulus dan ikhlas untuk solat ied, ga masalah kapan pun waktunya, insyaAllah sah-sah aja... tapi itu pendapat gue, bisa salah bisa bener... wallahu'alam...
    tapi buat gue sih hal-hal yang kayak gini ga usah jadi kontroversi...

    ReplyDelete
  2. hehehe sing penting damai :P, yah ikutin apa yg lo yakinin ajah rip. Kalo gw yah akan gw kejar dimana tempat sholat yg ngadain hari selasa selama masih di jabobek. Kalo udh ga ada yah....terpaksa deh ikut pemerintah :D.

    Setujuh gw hal2 kaya ginih jgn dijadiin kontroversi, secara kejadian inih ga kejadi di Indo doang, gw baca2 banyak kejadian di seluruh dunia kok. Ulama2 juga pada beda pendapat....so....kembali lagi ke diri kita masing2. Percaya yg mana, ikut yang mana.

    ReplyDelete