Tuesday, November 2, 2010

Pengarang yang hebat ituh.....

Pengarang menurut definisi gw adalah orang yg menuangkan ide2 ato imajinasi2nya dengan merangkaikan kata2 menjadi bentuk tulisan dan dibukukan.

Nah..,sekarang siapa sih pengarang favorit lo ?. Kalo gw ditanya ituh, jelas gw akan jawab Adhitya Mulya setelah itu JK Rowling. Kenapa ??  well, menurut gw, banyak pengarang yang bagus, tapi yg hebat adalah adalah pengarang yg bisa membuat pembacanya membaca setiap kata yg dia pilih dan bisa memainkan emosi pembacanya. Alur ceritanya jg ga terlalu cepet, juga ga ngebosenin dan yg paling penting, imajinasinya ituh liar dan unik.

-note : cara baca yg cepat adalah men-skip kata2 yg mnurut lo ga penting ato ga menarik untuk dibaca, dan ambil intisari dari satu kalimat.

Pengarang yg bisa bikin gw ga nyekip setiap kata dr yg dia tulis ituh hebat banget, dan ituh gw temuin dari buku2nya ato blog nya Adhitya. Two thumbs up deh buat bapak yg satu inih. Gokil nya ga ketulungan. Yang paling gw inget tuh saat dia ceritain kasus beli kondom di buku jomblo. Ancuuuurrrr gila. Cuma gara2 orang sunda suka ganti hurup x jadi k -durex jadi durek-, dia bisa bikin satu cerita yg sumpah deh, bikin gw sampe sekarang ketawa2 dan klo gw ceritain ke org2 yg blom pernah baca bukunya jg bakal ngakak at least geleng2.

Buku gege mencari cinta juga gokil abis, tapi yg paling gokil gw bilang di Kejar Jakarta, haduh sakit perut gw bacanya. Pemilihan katanya...sangat tipikal bandung banget. Joke2nya ga kasar (yah tau lah, org sunda mana ada si yg ngomong kasar,orang logatnya alus gitu... :D). Gw pernah denger sopir bis ma kenek ngata2n polisi, tapi dasar sunda...ngatain ajah pake nada ... mantapz lah :).

OK back to Adhitya, buku terakhir dia, travelers tale, inih kumpulan dari beberapa pengarang. Hebat menggabungkan 4 pengarang dan membentuk 1 cerita yang utuh. Tapi walo ga dikasih tau, siapa yg ngarang bagian mana, lo akan bisa langsung tau bagian Adhit yg mana, karena yah ituh, ciri khas dia sangat jelas. Cari ajah yg bahasanya paling ancur dan penuh lebay :).

Kalo JK Rowling, yah you know lah. Ga usah di jelasin lagi jg udah pada jelas, knp dia trmasuk pengarang hebat. Satu yg paling gw inget adalah imajinasi sihir dia tentang kaos kaki yang akan teriak sekenceng2nya kalo udah bau. Hahaha kebayang ga lo, klo pas lg ambil udhu, buka spatu, kaos kaki lo triak2...bauuuu....udah ga dicuci 3 bulan....bauuuu dijeeeeh..huhuhu,  ce disebelah lo langsung nutup idung dan menatap lo dgn penuh benci dangdut, co inceran lo langsung ngeloyor ilfil dan idup lo akan merana selama 15 menit ditemenin ma co punk yg anggap lo hebat bgt. Ha....udah ngelantur kemanah2. Foke yanti...*foke....!!

Hwokeh....sebetulnya ada lagi yg hebat gw blg, yg ngarang the tale of desperaux, cuma gw lupa nama pengarangnya. Inih buku recommended banget buat anak2. Cerita tentang tikus istana yg jatuh cinta ma putri raja dan berusaha menjadi pangeran yg tampan yg menolong sang putri dari tawanan orang jahat. Don't imagine si tikus bnran berubah jd pangeran yah, ituh mah disney banget..., di buku inih, si tikus yah tetep lah jadi tikus yg penakut :)), lucu deh nih buku.

Sebetulnya JRR Tolken sama yg ngarang buku 'Jalan2 ke Palestina' -lupa sapa namanya- juga harusnya si masuk di pengarang yg hebat tapi karena mereka banyak bgt men-detail-kan suasana dan lingkungan alam , dan secara juga gw adalah korban disorientasi tempat-which is ga bisa bayangin ruangan (jangan suruh bayangin ruangan, beda kiri kanan ajah ribet, apalagi suruh tau, 3x4 meter kaya apa besarnya.. nyuruh gw sakit jiwa ituh si....) - jadi yah....skip..skip...wah bagian perang nih...baca !.

Hmm ada lg ga yah..Dan brown...masih status bagus si mnurut gw, blm termasuk hebat. Agatha ? secara gw jg msh suka skip kata2 di buku2nya dia, jadi yah menjelang hebat lah. Hmmm...udah deh kayanya.

Kalo elo gimana ????

*note : gw sengaja foke in pengarang disini utk buku2 fiksi karena ga gampang nulis fiksi. Perlu imajinasi yg sangat2 tinggi.

*note lagi : secara gw warga Jakarta yg baik, gw memilih kata foke sbg pengganti kata fokus :P

No comments:

Post a Comment