Tuesday, November 2, 2010

Belgia

Negara kecil di eropa yg diapit sama Belanda, Jerman dan Prancis inih termasuk negara yg unik. Gimana enggak, dengan luasnya yg masih lebih kecil dari pulau Jawa, negara inih ga punya bahasa persatuan. Belgia utara ato yg mereka sebut vlanderen bicara dalam bahasa Belanda sedang yg bagian selatan ato wallonia bicara bahasa Perancis. Ada juga sedikit daerah yg berbicara bahasa Jerman. Yang jd pemersatu cuma rajanya doang hahaha.

2.5 tahun tinggal di negara dengan home made coklat terenak di dunia inih bikin gw tau karakter penduduknya. Aslinya mereka ramah dan terbuka, lebih ramah dan lebih santai malah dibanding Belanda ma Jerman. Mereka suka tersenyum, menyapa, dan rela membantu klo ada yg nanya jalan. (bandingin ma Singapura yg utk senyum ajah mesti di kursusin, ato Jerman yg mukanya ky ditekuk semua, Belanda juga walo ga separah Jerman). Gw pernah lagi di bis kelaperan, akirnya gw makan biskuit, disamping gw duduk bapak2 tua, gw tawarin dia, and dia mau ambil tuh biskuit. Sempet takjub jg gw, secara gw bukan org asli situh, pake jilbab pula. Sempet was2 klo nih org rasis, alhamdulillah ga. Kita sempet ngobrol2 tapi berhubung bhs belanda gw terbatas dan dia org tua yang...yah lo tau lah orang tua klo ngomong kn rada susah ditangkep, jadi yah bahasa internasional ajah lah....yes, no dan smilleeee :P.

Kalo lo berniat dateng kesinih, jangan lupa ke Brussel dan cicipin waffel disana. Brussel waffel ituh paling terkenal didunia saking enaknya. Gw dulu makannya sampe bener2 gw nikmatin banget, ga peduli mulut udah belepotan coklat, duuuh sumpah ga ada yg bisa ngalain Brussel waffel. Makanan lain yg juga terkenal ituh kerang, tapi inih trmasuk mahal :D, home made coklat jgn lupa buat oleh2. Tapi ati2, banyak jg yg ga halal alias ada campuran alkoholnya.

Untuk mencapai Belgia, ada 2 cara, bisa langsung mendarat ke airport Brussel, ato bisa juga mendarat di Belanda / Jerman trus naik kereta ke Belgia. Cara yg kedua bs lebih murah karena kalo ga salah si airport tax di brussel tuh lebih mahal drpada di Schipol Amsterdam, dan juga lbh banyak pesawat yg mendarat di Schipol / Frankfurt daripada di Brussel.

Tempat pariwisatanya, hmm gw cuma pernah ngunjungin 4 tempat di Belgia which are Antwerp, Brussel, Limburgh, dan Brugge, dan semuanya ituh di Belgia utara kecuali Brussel yg udah ke arah selatan. menurut kontur daerah si, daerah selatan ituh lebih menarik karena banyak bukit2 jd lebih natural dibanding yg di utara yg cenderung datar. Cuma karena blm pernah ke selatan, jadi gw ga bisa cerita banyak deh. Kalo mau, lo bisa ke pusat informasi trus naik kereta kesana.

Gw mo jelasin tempat yg gw tau ajah. Antwerp inih kota pelabuhan. Tempat pariwisatanya apah yah ....hmm grote mark (liat poto profile gw), model2 gt si. Apalagi yg terkenal yah....hmm standar ajah si, okeh next : Brussel. Di kota ini ada mannekin pies asli ato patung anak kecil yg suka pipis sembarangan



ada Katedral dan setiap 2 tahun sekali pas summer ada pameran flower carpet . Inih bunga2 hidup yg disusun sedemikian rupa jadi karpet. Bagus banget. Pameran inih cuma berlangsung 2 hari doang, jadi harus kudu cepet2 klo mo liat.





Ada apa lagi yah disanah ?? hmm...ada masjid besar di tengah2 taman si. Terus...yah tipikal daerah2 eropa, bangunan2 kuno gituh.

Limburgh, ga ada yg trlalu istimewa si disinih kecuali rumah2nya yg bagus, ga trlalu besar dengan halaman rumput dan tanpa pagar. Rapih jalih.

Brugge...nah inih nih, yg kata orang Venesia nya Belgia. Bagus banget, sungai nya, jalan2annya, gedung2nya....kuno tapih tertata rapih dan asli deh keren abis.



Brugge inih juga terkenal akan rajutannya terutama untuk kaya taplak meja gituh. Hmm sekian sih utk penjelasan Belgia.

Oia, berikut beberapa tips dari gw :

Tips no 1 : Default di belgi adalah dingin, kalo mo musim panas hrs dtg sktr bulan Agustus, dan mahal, jadi mending pas musim semi skitar Mei - Juni ato pas musim gugur, sktr Oktober. Dan saran gw, lo beli jaket di sana, karena jaket dr indo sih ga nendang :)

Tips no 2 : jangan pernah compare mata uang ke rupiah klo lg belanja ato makan karena udh jelas2 jauh bedanya antara euro ma rupiah. Cuma bikin sakit ati doang klo lo mo compare mah :D

Tips no 3 : kalo mo cari makanan halal gampang, tinggal masuk ke restoran turki ajah ato maroko yg lumayan banyak bertebaran. Kebab dgn harga 2.5 euro udh bisa untuk 2x makan buat org Indonesia. Murah meriah ciiinnnnn......

Tips no 4 : Kalo mo ke Brussel, akan lebih baik klo lo bs sedikit2 bahasa prancis, karena sama kaya di Prancis yg sangat bangga dengan bahasanya, di Brussel jg gt. Jadi klo nanya bahasa Inggris yah jangan kaget ajah kalo di cuekin hahaha. Tapi klo ke daerah utara si hampir sbagian orang bs bahasa Inggris. Rata2 mereka belajar dari tipi doang karena acara mereka ga di dubbing, lain ma yg di selatan, smua serba di dubbing ke bahasa Perancis.

No comments:

Post a Comment