Tuesday, November 9, 2010

Let's think Positive, shall we.....!!!

" Dan jauhilah prasangka2, sesungguhnya sebagian prasangka ituh adalah dosa", ituh adalah bunyi ayat ke 12 dari surat Al Hujarat (pas bgt, pas mo nulis topik inih, bacaan Quran gw pas bagian inih...di restuin :D ). Berhubung otak gw lg bener, dan diskusi gw sama temen hari inih tentang gimana supaya kita bisa bahagia, gw mutusin buat nulis pemikiran gw soal berpikir positip.

Kita lihat, Allah menyuruh kita untuk menjauhi prasangka2, karena prasangka kita ituh banyakan salahnya. Kita mikir orang marah ma kita, orang benci sama kita ketika misalnya sms kita ga dibales. Ituh akan membuat kita jd membenci dia juga. Padahal aslinya mungkin orang ituh sibuk banget, ato sms nya ga masuk. See kita udh dosa berpikir seperti ituh.

Ayat inih bener2 ngasih kita kunci kebahagiaan. Menurut gw, untuk  jadi bahagia ituh ga perlu susah2 n mahal2. Cukup perlu memprogram otak kita ajah, mau bahagia ato ga. Ada orang yg kerjanya komplen terus dan ngeluh dia ga bisa dapetin kebahagiaan...tapi kalo di liat2 lg, itu karena kesalahan dia sendiri. Terlalu sering komplain untuk hal2 yg ga penting cuma melatih otak kita untuk terus berpikir negatip akan segala hal.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi bahagia, kita harus buang semua yg bisa bikin kita sedih / bt. Sejak SMP gw udh belajar untuk melupakan memori2 yg jelek dari otak gw. Thanks to the condition i faced, gw berusaha untuk hanya mengingat yg bagus2 ajah. Saat ituh gw berpikir kalo ingetan jelek tetep gw pertahanin, kapan gw bisa seneng. Alhamdulillah ituh terus kebawa sampe saat inih. Hal inih bisa ngebantu gw untuk memafkan org2 yg udh bikin gw gondok. Dengan mengingat yg bagus2 doang dlm idup, gw merasa lebih easy going dan jd lebih mudah bersyukur.

Gw kenal orang yg ingatan akan susahnya kehidupan dia sangat2 tajam. Bahkan kalo dia cerita, awalnya memang dia cerita ttg senengnya, tapi akan selalu trus ke bagian susahnya, dan bagian susahnya inih menempati posisi terbanyak dari cerita dia. In the end dia blg, saya cuma mau ingin bahagia, tapi entah kenapa kebahagiaan ga pernah dtg. Siapa yg salah kalo ky gt ???.

Begitu otak kita dipenuhin oleh cerita2 susah, otomatis curiga n jeleeek ajah bawaan kita saat mandang satu masalah / orang lain. Jadi kenapa harus nyusain diri sendiri. Menurut gw kejadian2 jelek di kehidupan kita ituh cuma perlu diingat sebagai pelajaran ajah, then.....move it to recycle bin afterward.

Ada satu ilustrasi menarik dari buku Personal Attraction. Ketika melihat gelas yang terisi setengah, mana yg akan lo bilang, setengah penuh ato setengah kosong ????. Jawaban lo akan mempengaruhi cara berpikir lo, positip ato negatip.

a reminder : jgn sering begaul ma org yg kerjanya komplen terus, karena cara berpikir org ituh nuler. Klo dia mikir negatip mulu, otomatis lo jg akan ikut2n berpikir negatip. So cheersss.....think positive and be happy :)

No comments:

Post a Comment